About Me

Kamis, 01 September 2016

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Sejarah singkat Universitas Muhammadiyah Malang

      Universitas Muhammadiyah Malang adalah salah satu Universitas Swasta favorit yang terletak di kota Malang.Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di dirikan pada tahun 1964, yang di prakarsai oleh tokoh-tokoh muhammadiyah daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang berdiri pada tanggal 16 Juni 1963 oleh Yayasan Muhammadiyah Jakarta.
      Pada awal berdiri Universitas Muhammadiyah Malang hanya mempunyai 3 Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan Pendidikan Agama.


 
 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri atau terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 1 Juni 1968, yang penyelenggaraannya  berda di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang, dengan akte notaris R. Sudiono, No. 2 tertanggal 1 Juli 1968. Pada perkembangan berikutnya akte ini di perbaharui dengan akte notaris Kumalasari, S.H. No. 026 tanggal 24 November 1988 dan di daftar pada Penggadilan Malang Negeri No. 88/PP/YYS/XI/1988 tanggal 28 November 1988.
     Universitas menambah Fakultas baru pada tahun 1968 yaitu, Fakultas Kesejahteraan Sosial, dan FKIP Jurusan Agama mendaftarkan diri sebagai Fakultas Agama yang berada dalam naugan Departemen Agama dengan nama Fakultas Tarbiyah. Tahun 1970 Fakultas Tarbiyah mendapatkan status yang sama dengan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN), dan Fakultas Kesejahteraan Sosial mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial Pendidikan dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial dan resmi berdiri sendiri terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun 1975.
     Pada tahun 1977 Fakultas Teknik menjadi fakultas baru. tahun 1980 di buka Fakultas Pertanian, kemudian Fakultas Peternakan. Dari tahun 1983 sampai 1993, ditambahkan jurusan-jurusan baru dan ditingkatkan status jurusan-jurusan yang sudah ada. Pada tahun 1993 di buka program Pascasarjanah Program Studi Magister Manajemen dan Magister Sosiologi Pedesaan. Pada tahun 2009 Fakultas Pertanian dan Peternakan digabung menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan. Sampai saat ini UMM mempunyai 12 Fakultas dan 44 Jurusan.
    Pada sekarang ini  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk program Pasca Sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang di konsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas.
    UMM memiliki slogan "Jas Merah, Kampus Putih". Hal ini karena mahasiswa UMM memiliki jas alamamater berwarna merah marun dan mereka berada di kampus bercat putih. Kampus III merupakan kampus paling besar dibandikan dengan kampus I dan II. Kampus III memiliki lapangan heliped, lapangan basket, gedung DOME, Student Center, Masjid, Perpustakaan,Pom bensin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar